Roh Kudus Selalu Hadir

Rabu, 23 Oktober 2024

Baca: Yohanes 14:16,23-27

14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

14:24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

14:25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;

14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

14:29 Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi.

14:30 Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku.

14:31 Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku, bangunlah, marilah kita pergi dari sini."

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya. —Yohanes 14:16

Saat melakukan pemeriksaan rutin sebelum lepas landas dari Charlotte, North Carolina, menuju kota New York, seorang pramugara melihat seorang penumpang yang tampak cemas karena takut terbang. Pramugara tadi pun duduk di lorong pesawat, menggenggam tangan penumpang wanita itu sambil menjelaskan setiap tahap penerbangan yang akan dilewati. Semua itu dilakukannya dalam usaha untuk meyakinkan penumpang tersebut bahwa ia akan baik-baik saja. “Saat seorang penumpang naik pesawat, yang penting bukanlah kami, melainkan dirinya,” katanya. “Karena itu, ketika ia merasa tidak nyaman, saya ingin mendampinginya dan berkata, ‘Maaf, apakah ada masalah? Apa yang dapat saya lakukan untuk menolongmu?’” Keberadaan pramugara yang penuh perhatian itu dapat menjadi gambaran dari ucapan Yesus tentang karya Roh Kudus bagi orang percaya.

Kematian, kebangkitan, dan kenaikan Kristus memang diperlukan dan berguna untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa. Namun, hal itu juga menimbulkan guncangan emosional dan kesedihan yang mendalam dalam hati murid-murid-Nya (Yoh. 14:1). Karena itu, Yesus meyakinkan mereka bahwa mereka tidak akan ditinggalkan sendirian untuk menjalankan misi-Nya di dunia. Dia akan mengutus Roh Kudus untuk menyertai mereka—“Penolong yang lain, supaya Ia menyertai [mereka] selama-lamanya” (ay.16). Roh itu akan memberi kesaksian tentang Yesus dan mengingatkan mereka akan segala sesuatu yang pernah Kristus lakukan dan katakan (ay.26). Oleh pertolongan Roh Allah, mereka akan “bertambah kuat” pada saat-saat sulit (Kis. 9:31).

Adakalanya dalam hidup ini, setiap orang—termasuk orang percaya—akan terguncang oleh kecemasan, ketakutan, dan duka. Namun, Kristus telah berjanji bahwa, dalam ketidakhadiran-Nya, Roh Kudus selalu hadir untuk menghibur kita. —Marvin Williams

WAWASAN
Yesus berbicara tentang Roh Kudus sebagai “Penghibur” (Yohanes 14:26; 15:26; 16:7). Terjemahan lain menggunakan kata Penolong (BIMK). Kristus memberi tahu murid-murid-Nya bahwa Roh Kudus akan mengajarkan mereka “segala sesuatu” dan mengingatkan mereka akan “semua” yang telah dikatakan dan diajarkan Yesus (14:26). Roh Kudus adalah kehadiran Allah sendiri dan akan menyertai kita “selama-lamanya” (ay. 16). Pada Hari Pentakosta, 50 hari setelah kebangkitan Kristus, Allah mengutus Roh Kudus kepada semua orang yang percaya kepada Yesus (Kisah Para Rasul 2:1-4). Saat ini, setiap orang menerima Roh Kudus ketika mereka menerima Kristus sebagai Juruselamat (10:44). Kita dapat mempercayai apa yang dikatakan “Roh Kebenaran” (Yohanes 15:26) di dalam hati dan pikiran kita. Roh itu memberikan karunia-karunia rohani kepada orang percaya untuk melayani Yesus dan menolong kita bertumbuh semakin serupa Dia (1 Korintus 12:1-11; Galatia 5:22-23). Roh Kudus juga menyadarkan orang yang belum percaya akan dosa dan perlunya mereka diselamatkan (Yohanes 16:7-11). —Alyson Kieda

Roh Kudus Selalu Hadir

Apa yang sedang menggelisahkan kamu saat ini? Bagaimana kamu dapat memohon kehadiran Roh Kudus untuk menghibur kamu?

Tuhan Yesus, terima kasih atas penghiburan dan nasihat yang kuterima dari Roh Kudus.

Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 1-2; 1 Timotius 3

Bagikan Konten Ini
28 replies
  1. Yohana Gilbertha Klau
    Yohana Gilbertha Klau says:

    Terima kasih Tuhan Yesus, aku mohon penghiburan dari pada-Mu pada hari ini 🌟🥰❤️

  2. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *