Jatuh Bangun Kehidupan

Sabtu, 21 September 2024

Baca: Yohanes 16:31-33

16:31 Jawab Yesus kepada mereka: "Percayakah kamu sekarang?

16:32 Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu diceraiberaikan masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku.

16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. —Yohanes 16:33

Facebook memunculkan sebuah kenangan berupa foto putri saya yang berusia lima tahun saat menang dalam permainan Ular Tangga yang seru. Saya menandai saudara-saudara saya dalam postingan tersebut karena kami sendiri sering bermain Ular Tangga sewaktu kanak-kanak dulu. Permainan yang telah dimainkan berabad-abad itu membantu orang belajar berhitung dan menyajikan keseruan dari usaha menaiki tangga-tangga supaya menang dengan tiba paling cepat di kotak nomor 100. Namun, jangan lengah! Jika kamu mendarat di kotak nomor 98, kamu akan meluncur jauh ke bawah sepanjang badan ular, sehingga terhadang—bahkan gagal—untuk meraih kemenangan.

Bukankah itu mirip dengan kehidupan kita? Dalam kasih-Nya, Yesus sudah menyiapkan kita untuk menghadapi jatuh bangun yang kita alami sehari-hari. Dia memang berkata bahwa kita akan “menderita” (Yoh. 16:33), tetapi Dia juga menyampaikan kabar damai sejahtera. Kita tidak perlu gentar menghadapi ujian dan pencobaan yang ada. Mengapa? Kristus telah mengalahkan dunia! Karena tidak ada yang lebih besar daripada kuasa-Nya, kita dapat menghadapi apa pun yang menghadang kita dengan “kekuatan kuasa-Nya” yang tersedia bagi kita (Ef. 1:19).

Sama seperti dalam permainan Ular Tangga, terkadang hidup ini memberikan tangga yang memungkinkan kita naik dengan penuh sukacita, tetapi di saat-saat yang lain kita bisa tergelincir hingga jatuh. Meski demikian, kita tidak perlu menjalani hidup ini tanpa pengharapan. Kita memiliki kuasa Yesus Kristus yang sanggup menolong kita mengatasi semua itu. —Katara Patton

WAWASAN
Yohanes 13–17, yang umumnya dikenal sebagai Ceramah di Ruang Atas, menceritakan dengan teperinci peristiwa yang terjadi ketika Yesus menikmati perjamuan Paskah terakhir-Nya dengan para murid. Di ruang atas, Kristus mengungkapkan banyak hal tentang misi kedatangan-Nya, hubungan-Nya dengan Bapa, dan terutama apa yang akan terjadi dalam beberapa jam mendatang dari hidup-Nya. Dia menubuatkan pengkhianatan Yudas (13:18-30) dan penyangkalan Petrus (ay.31-38). Mungkin yang paling penting, Yesus mengatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Dia akan pergi dan kembali kepada Bapa, tetapi juga akan mengutus Penghibur, yaitu Roh Kudus (14:25-27). Di tengah berbagai tekanan dan kekacauan, Kristus menawarkan penghiburan. Dia berkata, “Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia” (16:33). —J.R. Hudberg

Jatuh Bangun Kehidupan

Tantangan apa saja yang perlu kamu atasi hari ini? Bagaimana kamu dikuatkan untuk mengatasi beragam ujian dan kesulitan hidup dengan berfokus pada kuasa Tuhan Yesus?

Tuhan Yesus, terima kasih, karena aku diingatkan kembali bahwa Engkau sudah mengalahkan dunia! Tolonglah aku untuk bergantung pada kuasa-Mu dalam menghadapi jatuh bangun kehidupan ini.

Bacaan Alkitab Setahun: Pengkhotbah 7-9; 2 Korintus 13

Bagikan Konten Ini
18 replies
  1. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *