Kasih Allah yang Murah Hati

Rabu, 14 Agustus 2024

Baca: Kolose 3:12-17

3:12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. —Kolose 3:13

Laksamana William McRaven dikenal luas sebagai perwira militer yang berpidato tentang pentingnya merapikan tempat tidur kita setiap hari, dan video daringnya sudah ditonton sebanyak 100 juta kali. Namun, pensiunan Angkatan Laut tersebut berbagi pelajaran lain yang sama mengesankannya. McRaven dengan sedih menyesali bahwa beberapa anggota sebuah keluarga yang tidak bersalah tewas terbunuh secara tidak sengaja dalam sebuah operasi militer di Timur Tengah. Karena meyakini bahwa keluarga tersebut berhak mendapatkan permintaan maaf yang tulus, McRaven memberanikan diri untuk meminta pengampunan kepada ayah dari keluarga yang berduka itu.

“Saya seorang tentara,” McRaven berbicara dengan pria itu melalui seorang penerjemah. “Namun, saya juga punya anak, dan hati saya berduka bersama Anda.” Apa tanggapan pria tersebut? Ia dengan murah hati mengampuni McRaven. Salah seorang anak lelakinya yang masih hidup berkata, “Terima kasih banyak. Kami tidak akan menyimpan dendam apa pun terhadap Anda.”

Rasul Paulus menulis tentang anugerah yang murah hati seperti itu: “Sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran” (Kol. 3:12). Ia tahu bahwa hidup akan menguji kita dengan berbagai cara, maka ia memerintahkan orang percaya dalam jemaat Kolose: “Ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian” (ay.13).

Apa yang dapat memampukan kita untuk memiliki hati yang penuh belas kasihan dan rela mengampuni? Kasih Allah yang murah hati. Karena itu Paulus menyimpulkan, “Di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan” (ay.14). —Patricia Raybon

WAWASAN
Kolose 3:12-14, yang memuat daftar sifat-sifat luhur yang harus kita kenakan, menolong kita menyadari bahwa kasih bukanlah sekadar tambahan, melainkan inti dalam kehidupan orang percaya: “Di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan” (ay.14). Di bagian lain, Paulus memulai daftar dari bukti pekerjaan Roh Allah dalam hidup kita dengan kasih: “Buah Roh ialah: kasih” (Galatia 5:22). Rasul Petrus menekankan keutamaan kasih dalam komunitas orang percaya dengan mengatakan: “Yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa” (1 Petrus 4:8). Menjelang penyaliban-Nya, Yesus menegaskan keutamaan kasih dengan berkata, “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi” (Yohanes 13:34-35). – —Arthur Jackson

Kasih Allah yang Murah Hati

Mengapa pengampunan merupakan bentuk kemurahan hati? Siapa yang perlu kamu ampuni hari ini?

Allah Maha Pengampun, anugerahkanlah hari ini kemurahan hati-Mu yang menolongku rela mengampuni sesamaku.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 89-90; Roma 14

Bagikan Konten Ini
25 replies
  1. Anonymous
    Anonymous says:

    Dalam Nama Tuhan Yesus, kami mengampuni orang-orang yang jahat dan ingin menjatuhkan kami. Bantulah kami ya Tuhan krn hal itu tdk mudah kami lakukan . Amin

  2. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *