Bersama Lebih Baik di dalam Tuhan

Minggu, 14 Juli 2024

Baca: Mazmur 133

133:1 Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!

133:2 Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya.

133:3 Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.

Kerukunan menyegarkan seperti embun. —Mazmur 133:3 fayh

Dr. Tiffany Gholson sudah melihat dampak buruk dari tindak kejahatan yang marak terjadi pada kota kediamannya di East Saint Louis, Illinois. Namun, pada tahun 2023, kota tersebut mencatat 31 persen penurunan dalam kasus pembunuhan dan 37 persen penurunan tindak kriminal secara keseluruhan. Apa yang terjadi? Kelompok Penegak Keamanan Umum kota tersebut—yang mencakup polisi negara bagian dan kota, distrik sekolah, dan sebuah organisasi kerohanian—bekerja sama untuk memperbaiki keadaan demi kepentingan seluruh warga.

“Sungguh kerja sama yang indah,” ujar Dr. Gholson. Seluruh anggota kelompok kemasyarakatan tadi bergandengan tangan untuk menolong warga kota. Pusat Kesehatan dari distrik sekolah yang dipimpin Dr. Gholson melibatkan para pekerja sosial di sekolah, perawat, dan staf untuk mendukung anak-anak yang terkena dampak dari kejahatan atau kecelakaan. Instansi-instansi lain juga memberi sumbangsih sesuai dengan kekuatan mereka. Pihak polisi berkomitmen untuk lebih banyak berbicara dengan orang-orang yang hidup di jalanan, dan berusaha mendengarkan mereka.

Daud sang pemazmur menulis, “Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!” (Mzm. 133:1). Daud menambahkan, “Kerukunan menyegarkan seperti embun di Gunung Hermon” (ay.3 fayh). Yang Daud maksudkan adalah orang-orang yang sama-sama beriman kepada Allah. Alih-alih terpecah oleh karena doktrin atau pandangan politik, kita harus menyadari bahwa kita ini satu. Penerapan konsep ini mungkin terasa mustahil, tetapi membawa berkat bagi semua orang. Sungguh indah apabila umat Tuhan memiliki kerinduan untuk mempedulikan satu sama lain—terutama para warga di sekitar kita yang benar-benar membutuhkan kasih Yesus.

—Patricia Raybon

WAWASAN
“Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!” (Mazmur 133:1). Kesatuan adalah tema yang terdapat di sepanjang Alkitab. Dalam doa Yesus kepada Bapa-Nya, Dia meminta agar semua orang yang percaya kepada-Nya “menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu” (Yohanes 17:22-23). Dia tahu orang-orang percaya akan membutuhkan pertolongan Allah untuk tetap bersatu dalam menghadapi perselisihan, kontroversi, dan penganiayaan, dan bagaimana kesaksian mereka tentang Dia akan terhambat oleh perpecahan. Rasul Paulus menyerukan orang-orang percaya: “Berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan” (Filipi 4:1). Hal ini paling mungkin dicapai ketika jemaat bersatu. Yang dibutuhkan adalah “belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran,” pengampunan, dan yang terpenting “kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan” (Kolose 3:12-14). Kesatuan terwujud ketika individu-individu dalam gereja menggunakan karunia dan kemampuan rohani mereka untuk memberi manfaat bagi seluruh umat (1 Korintus 12; Efesus 4). —Alyson Kieda

Bersama Lebih Baik di dalam Tuhan

Di mana kamu melihat kerukunan tidak lagi terpelihara? Bagaimana cara Allah mendorong kamu untuk mengusahakan kerukunan dengan menghidupi iman kamu?

Ya Bapa, dengan kuasa Roh-Mu, mampukanlah aku untuk mengusahakan kerukunan di dalam komunitasku.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 10-12; Kisah Para Rasul 19:1-20

Bagikan Konten Ini
13 replies
  1. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *