Yesus Kristus Bangkit Hari Ini!

Minggu, 31 Maret 2024

Baca: Matius 28:1-10

28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

28:2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya.

28:3 Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju.

28:4 Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.

28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.

28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.

28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."

28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.

28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.

28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."

Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. —Matius 28:6

Sebelum Charles Simeon berkuliah di Universitas Cambridge, Inggris, ia sangat suka mengoleksi kuda dan pakaian, serta menghabiskan banyak uang setiap tahun untuk hobinya itu. Namun, karena kampus menuntutnya untuk rutin menghadiri ibadah, ia mulai mempelajari imannya lebih dalam. Setelah membaca buku-buku rohani, ia pun mengalami pertobatan yang dramatis pada hari Minggu Paskah. Ketika terbangun pada tanggal 4 April 1779, ia berseru, “Yesus Kristus bangkit hari ini! Haleluya! Haleluya!” Sejalan dengan pertumbuhan imannya, ia mulai mengabdikan waktunya untuk tekun mempelajari Alkitab, berdoa, dan menghadiri ibadah.

Pada Paskah yang pertama, terjadi perubahan pada kehidupan dua wanita yang datang ke kubur Yesus. Di sana mereka mengalami gempa bumi yang dahsyat tatkala seorang malaikat menggulingkan batu penutup kubur Yesus. Ia berkata kepada mereka, “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya” (Mat. 28:5-6). Dengan hati berlimpah sukacita, kedua wanita itu menyembah Yesus dan berlari pulang untuk memberitahukan kabar gembira itu kepada para murid yang lain.

Bertemu dengan Kristus yang telah bangkit tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang di masa lalu. Yesus berjanji akan menemui kita saat ini juga. Kita bisa saja mengalami pertemuan yang dramatis, seperti yang dialami para wanita di kubur Yesus atau pengalaman Charles Simeon, tetapi bisa juga tidak. Bagaimanapun cara Yesus menyatakan diri-Nya kepada kita, kita dapat percaya bahwa Dia sungguh-sungguh mengasihi kita. —Amy Boucher Pye

WAWASAN
Kisah kebangkitan Yesus yang ditulis oleh Matius sungguh mengagumkan, secara khusus dalam kejujurannya. Selain sukacita yang dialami para wanita ketika melihat Yesus yang telah bangkit (28:8), kita juga diceritakan tentang ketidakpercayaan para murid (ay. 17). Ketika kita merajut kisah-kisah kebangkitan yang terdapat dalam berbagai kitab Injil (dan 1 Korintus 15), sangat jelas bahwa Yesus telah menampakkan diri kepada murid-murid-Nya beberapa kali pada saat tersebut, tetapi beberapa dari mereka masih meragukan-Nya. Kenyataan ini mungkin dapat menghibur kita. Meski Kristus telah melakukan banyak hal untuk kita demi membuktikan pengampunan dan kasih setia-Nya, bisa jadi kita masih bergumul dengan keraguan seperti yang dialami para murid. Seperti sang ayah dari anak laki-laki yang kerasukan, kita mungkin ikut berdoa, “Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!” (Markus 9:24). —Bill Crowder

Yesus Kristus Bangkit Hari Ini!

Bagaimana Allah pernah menyatakan diri-Nya kepada kamu? Perubahan apa yang kamu alami karena pertemuan dengan-Nya?

Tuhan Yesus yang telah bangkit, terima kasih atas kelahiran dan kematian-Mu yang membuatku dapat memiliki hidup yang kekal. Aku menyembah-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 11-12; Lukas 6:1-26

Bagikan Konten Ini
12 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *