Kasih Karunia dari Allah

Minggu, 28 Januari 2024

Baca: Efesus 4:4-8

4:4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,

4:5 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,

4:6 satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.

4:7 Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.

4:8 Itulah sebabnya kata nas: “Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia.”

Kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus. —Efesus 4:7

Saat memeriksa setumpuk makalah para mahasiswa di kelas penulisan yang saya asuh, saya terkesan dengan salah satu makalah. Makalah itu ditulis dengan sangat baik! Namun, saya segera menyadari bahwa tulisan yang terlalu bagus itu justru mencurigakan. Setelah menyelidikinya, saya menemukan bahwa isi makalah itu ternyata menjiplak sebuah artikel daring.

Saya mengirimkan surel kepada mahasiswa tersebut agar ia sadar bahwa kecurangannya telah diketahui. Ia akan mendapat nilai nol untuk makalah ini, tetapi ia boleh menulis ulang makalahnya untuk mendapatkan nilai ketuntasan minimal. Tanggapannya: “Saya merasa malu dan sangat menyesal. Saya menghargai belas kasihan yang kamu tunjukkan kepada saya. Saya tidak pantas menerimanya.” Saya menjawab dengan mengatakan bahwa kita semua menerima belas kasihan dari Tuhan Yesus setiap hari, jadi mana mungkin saya menolak untuk menunjukkan belas kasihan kepadanya?

Ada banyak cara kasih karunia Allah meneguhkan hidup kita dan menebus kita dari kesalahan kita. Petrus berkata bahwa kasih karunia memberikan keselamatan: “Kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan” (Kis. 15:11). Paulus berkata bahwa kasih karunia menolong kita untuk tidak dikuasai oleh dosa: “Kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia” (Rm. 6:14). Di bagian lain, Petrus berkata bahwa kasih karunia memungkinkan kita untuk melayani: “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah” (1Ptr. 4:10).

Kasih karunia. Dianugerahkan oleh Allah dengan cuma-cuma (Ef. 4:7). Kiranya kita memakai anugerah tersebut untuk mengasihi dan menyemangati orang lain.

—Dave Branon

WAWASAN
Mazmur dan Amsal, dua dari kitab-kitab Hikmat dalam Alkitab (yang juga mencakup Ayub, Pengkhotbah, dan Kidung Agung), menggambarkan potensi lidah digunakan untuk kebaikan maupun kejahatan. Daud menulis tentang musuh-musuhnya, “Perkataan mereka tidak ada yang jujur, batin mereka penuh kebusukan, . . . lidah mereka merayu-rayu” (Mazmur 5:10) dan “[mereka] menajamkan lidahnya seperti pedang, . . . membidikkan kata yang pahit seperti panah” (64:4). Mengenai orang-orang jahat, pemazmur Asaf menyatakan, “Mulutmu kaubiarkan mengucapkan yang jahat, dan pada lidahmu melekat tipu daya” (50:19). Berbicara tentang penggunaan positif dari perkataan kita, Salomo mengatakan, “Lidah orang benar seperti perak pilihan” (Amsal 10:20), “lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan” (12:18), dan “Hidup dan mati dikuasai lidah” (18:21). Sebagai pengikut Kristus, kita memiliki pilihan untuk mengucapkan kata-kata yang menguatkan dan memberkati hidup sesama dengan pertolongan Roh Kudus. —Alyson Kieda

Kasih Karunia dari Allah

Kapan kamu paling merasakan kasih karunia Allah dalam hidup kamu? Dengan cara apa saja kamu dapat menunjukkan kasih karunia yang tak terduga kepada seseorang hari ini?

Allah sumber kasih, tolonglah aku membagikan kasih karunia-Mu dalam interaksiku dengan orang lain.

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 19-20; Matius 18:21-35

Bagikan Konten Ini
17 replies
  1. Anonymous
    Anonymous says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari . Terpujilah NamaMu kekal selamanya. Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *