Mempercayai Allah

Kamis, 30 November 2023

Baca: Mazmur 20

20:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (20-2) Kiranya TUHAN menjawab engkau pada waktu kesesakan! Kiranya nama Allah Yakub membentengi engkau!

20:2 (20-3) Kiranya dikirimkan-Nya bantuan kepadamu dari tempat kudus dan disokong-Nya engkau dari Sion.

20:3 (20-4) Kiranya diingat-Nya segala korban persembahanmu, dan disukai-Nya korban bakaranmu. Sela

20:4 (20-5) Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kaukehendaki dan dijadikan-Nya berhasil apa yang kaurancangkan.

20:5 (20-6) Kami mau bersorak-sorai tentang kemenanganmu dan mengangkat panji-panji demi nama Allah kita; kiranya TUHAN memenuhi segala permintaanmu.

20:6 (20-7) Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya.

20:7 (20-8) Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita.

20:8 (20-9) Mereka rebah dan jatuh, tetapi kita bangun berdiri dan tetap tegak.

20:9 (20-10) Ya TUHAN, berikanlah kemenangan kepada raja! Jawablah kiranya kami pada waktu kami berseru!

Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama Tuhan, Allah kita. —Mazmur 20:8

Saya perlu mendapatkan dua jenis obat dengan segera. Satu untuk alergi yang diderita ibu saya, dan satu lagi untuk mengobati eksim keponakan saya. Penyakit yang mereka derita makin menjadi-jadi, tetapi obatnya tidak lagi tersedia di apotek. Karena putus asa dan tak berdaya, saya berdoa berulang-ulang, Tuhan, tolonglah mereka.

Beberapa minggu kemudian, kondisi mereka membaik. Saya merasa seakan Allah berkata: “Adakalanya Aku menggunakan obat-obatan untuk memberi kesembuhan. Namun, Aku dan bukan obatlah penentunya. Jangan taruh kepercayaanmu pada obat-obatan, melainkan pada-Ku.”

Dalam Mazmur 20, Raja Daud memperoleh penghiburan dalam Allah yang dapat diandalkan. Bangsa Israel memiliki tentara yang kuat, tetapi mereka tahu bahwa kekuatan terbesar datang “dalam nama Tuhan” (ay.8). Mereka mengandalkan nama Allah—mempercayai diri-Nya, karakter-Nya yang tak pernah berubah, dan janji-janji-Nya yang tidak pernah diingkari. Mereka berpegang pada kebenaran bahwa Dia yang berdaulat dan berkuasa penuh atas segala situasi akan mendengar doa-doa mereka serta menyelamatkan mereka dari musuh (ay.7).

Meski Allah dapat menggunakan berbagai hal dalam dunia ini untuk menolong kita, pada akhirnya, kemenangan atas masalah-masalah kita datang dari-Nya. Baik Dia memberi jalan keluar atau kesanggupan untuk bertahan, kita bisa percaya bahwa Dia ada bagi kita seperti yang telah Dia nyatakan dalam janji-Nya. Alih-alih terpuruk karena masalah-masalah yang ada, kita dapat menghadapi semuanya dengan damai sejahtera dan pengharapan dari-Nya. —Karen Huang

WAWASAN
Jika dibaca dengan teliti, kita bisa melihat bahwa Mazmur 20 dan 21 saling berkaitan. Mazmur 20 adalah doa untuk memohon perlindungan (ay. 2-3) dan kemenangan bagi raja yang diurapi Allah (ay. 7,10). Doa pemazmur, “Ya TUHAN, berikanlah kemenangan kepada raja! Jawablah kiranya kami pada waktu kami berseru!” (ay. 10) menerima jawabannya dalam Mazmur 21. Di sana, secara lebih langsung, pemazmur berbicara kepada Allah mengenai perlakuan-Nya terhadap sang raja (ay. 2-8), dan musuh-musuh-Nya (ay. 9-13). Gagasan tentang kepercayaan kepada Allah (20:8) diulang dalam 21:8: “Sebab raja percaya kepada TUHAN, dan karena kasih setia Yang Mahatinggi ia tidak goyang.” Mazmur 20 ditutup dengan permohonan, dan Mazmur 21 dengan ucapan syukur: “Bangkitlah, ya TUHAN, di dalam kuasa-Mu! Kami mau menyanyikan dan memazmurkan keperkasaan-Mu” (ay. 14). —Arthur Jackson

Mempercayai Allah

Dalam pergumulan pribadi kamu, apa atau siapa yang kamu andalkan? Bagaimana cara kamu menghadapi masalah menjadi berbeda ketika kamu mengandalkan nama Allah?

Bapa Surgawi, berilah aku keberanian untuk mengandalkan-Mu. Tolonglah aku percaya bahwa Engkau ada bagiku seperti yang telah Engkau janjikan.

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 37-39; 2 Petrus 2

Bagikan Konten Ini
29 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *