Memakai Kemampuan Bagi Kristus

Kamis, 19 Oktober 2023

Baca: Kisah Para Rasul 9:36-43

9:36 Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita–dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah.

9:37 Tetapi pada waktu itu ia sakit lalu meninggal. Dan setelah dimandikan, mayatnya dibaringkan di ruang atas.

9:38 Lida dekat dengan Yope. Ketika murid-murid mendengar, bahwa Petrus ada di Lida, mereka menyuruh dua orang kepadanya dengan permintaan: “Segeralah datang ke tempat kami.”

9:39 Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka. Setelah sampai di sana, ia dibawa ke ruang atas dan semua janda datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup.

9:40 Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: “Tabita, bangkitlah!” Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk.

9:41 Petrus memegang tangannya dan membantu dia berdiri. Kemudian ia memanggil orang-orang kudus beserta janda-janda, lalu menunjukkan kepada mereka, bahwa perempuan itu hidup.

9:42 Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan.

9:43 Kemudian dari pada itu Petrus tinggal beberapa hari di Yope, di rumah seorang yang bernama Simon, seorang penyamak kulit.

 

[Tabita] banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah. —Kisah Para Rasul 9:36

Pernahkah kamu mendengar tentang “The Sewing Hall of Fame”? Penghargaan yang dimulai pada tahun 2001 ini memberikan apresiasi kepada orang-orang yang telah memberi “dampak besar pada industri jahit rumahan dengan kontribusi yang unik dan inovatif melalui pendidikan menjahit dan pengembangan produk”. Penerima penghargaan itu termasuk nama-nama seperti Martha Pullen, yang menerimanya pada tahun 2005 dan digambarkan sebagai “seorang wanita peneladan Amsal 31 yang . . . tak pernah lalai untuk mengakui secara terbuka sumber kekuatan, inspirasi, dan berkatnya.”

“The Sewing Hall of Fame” baru diadakan pada abad ke-21. Namun, seandainya hal itu sudah ada di Israel pada abad pertama, seorang wanita bernama Tabita hampir pasti menjadi salah seorang penerimanya. Tabita adalah seorang percaya dan penjahit yang dengan tekun menjahit pakaian bagi para janda miskin dalam komunitasnya (Kis. 9:36,39). Setelah ia jatuh sakit dan meninggal dunia, murid-murid memanggil Petrus untuk melihat apakah Allah berkenan melakukan keajaiban melalui dirinya. Ketika Petrus tiba, para janda yang menangis menunjukkan kepadanya jubah dan pakaian yang telah Tabita buatkan bagi mereka (ay.39). Pakaian-pakaian tersebut menjadi bukti bahwa Tabita “banyak sekali berbuat baik” kepada orang miskin di kotanya (ay.36). Dengan kuasa Allah, Tabita pun dihidupkan kembali.

Allah memanggil dan memperlengkapi kita untuk menggunakan keterampilan yang kita miliki untuk menjawab kebutuhan di tengah komunitas dan dunia kita. Marilah kita menggunakan kemampuan kita untuk melayani Tuhan Yesus, dan lihatlah bagaimana Dia akan memakai perbuatan kasih kita untuk menyatukan hati dan hidup banyak orang (Ef. 4:16). —MARVIN WILLIAMS

WAWASAN
Yesus memerintahkan murid-murid-Nya untuk “menjadi saksi-[Nya] di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (Kisah Para Rasul 1:8). Karena penganiayaan, umat percaya “tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria” (8:1b). Filipus pergi ke Samaria untuk mengabarkan Injil (ay. 4-5), demikian juga Petrus dan Yohanes (ay. 14). Lukas menyorot pelayanan Petrus di Lida dan Yope (Kisah Para Rasul 9:32-43), kota-kota perdagangan dengan banyak warga bukan Yahudi. Setelah membangkitkan Dorkas dari kematian, Petrus tinggal di Yope “beberapa hari” [‘cukup lama’ dalam terjemahan lain] (ay. 43). Ketika sedang berdoa, ia mendapat suatu penglihatan tentang binatang yang haram (10:9-16), untuk menegaskan bahwa “kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup” (11:18). Di masa silam, dari Yope (Yafo) Yunus memilih pergi berlayar ke Tarsis daripada ke Niniwe untuk memberitakan tentang Allah kepada orang-orang bukan Yahudi (Yunus 1:3). Penting untuk diperhatikan bahwa dari Yope juga Allah memanggil Petrus untuk memberitakan kabar baik kepada orang-orang bukan Yahudi (Kisah Para Rasul 10:24-48). —K.T. Sim

Memakai Kemampuan Bagi Kristus
 

Bakat dan kemampuan apa yang dikaruniakan Allah kepada kamu? Bagaimana kamu dapat memakainya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan?

Tuhan Yesus, mampukanlah aku untuk menjawab kebutuhan sesamaku dengan cinta kasih dan belas kasihan.

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 53-55; 2 Tesalonika 1

Bagikan Konten Ini
31 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    Amen

  2. sovia julita
    sovia julita says:

    amin… kenapa telat diuploadnya?? saya jam saat teduhnya pagi. yg hari ini belum di upload ya?

  3. SOESILO
    SOESILO says:

    pekerjaan karena talenta yang telah diberikan Tuhan agar berdampak bagi masyarakat, untuk kemuliaan Tuhan

  4. Trisha Fayola
    Trisha Fayola says:

    aku mau belajar untuk menggunakan talenta yang kumiliki untuk membantu orang-orang yang membutuhkan untuk kemuliaan nama Tuhan

  5. WarungSateKaMu
    WarungSateKaMu says:

    Hai Kak. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya 🙏

    Saat ini website WarungSaTeKaMu mengalami kendala teknis yang menyebabkan materi saat teduh tidak muncul.
    Untuk sementara kamu dapat bersaat teduh menggunakan Santapan Rohani dengan mengakses situs santapanrohani.org

    Terima kasih.

  6. Aaron Surya
    Aaron Surya says:

    Tuhan Yesus, mampukanlah kami untuk menjawab kebutuhan sesama kami dengan cinta kasih dan belas kasihan. Amin.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *