Seperti Yesus

Sabtu, 16 September 2023

Baca: Roma 12:1-2

12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu. —Roma 12:2

Pada tahun 2014, beberapa ahli biologi menangkap sepasang kuda laut kerdil berwarna jingga di Filipina. Mereka membawa kedua makhluk laut itu beserta rumah mereka yang berupa karang kipas laut jingga ke Akademi Sains California di San Francisco. Para ilmuwan ingin mengetahui apakah kuda laut kerdil dilahirkan dengan warna mengikuti induknya ataukah lingkungannya. Ketika kuda laut kerdil melahirkan bayi berwarna cokelat kusam, para ilmuwan menempatkan karang kipas laut berwarna ungu ke dalam tangki. Meski induk kuda laut kerdil berwarna jingga, bayi-bayi mereka berubah warna sesuai dengan warna ungu kipas laut. Karena mereka sangat rentan, kelangsungan hidup mereka bergantung pada kemampuan yang Allah berikan kepada mereka untuk membaur dengan lingkungan sekitar.

Di alam, membaur merupakan mekanisme pertahanan yang bermanfaat. Namun, Allah mengundang semua orang untuk menerima keselamatan dan hidup berbeda di dunia ini melalui cara hidup kita. Rasul Paulus mendesak orang percaya untuk menghormati Allah dalam setiap aspek kehidupan kita, menyembah Dia dengan mempersembahkan tubuh kita sebagai “persembahan yang hidup” (Rm. 12:1). Karena kita adalah manusia rapuh yang dipengaruhi oleh dosa, kesehatan rohani kita sebagai orang percaya bergantung kepada “pembaharuan budi” yang dikerjakan Roh Kudus dan kesanggupan yang diberikan-Nya agar kita tidak “menjadi serupa dengan dunia” yang menolak Allah dan meninggikan dosa (ay.2).

Membaur dan menjadi serupa dengan dunia ini berarti hidup bertentangan dengan Kitab Suci. Akan tetapi, dengan kuasa Roh Kudus, kita dapat menjadi serupa dengan Yesus dan mengasihi seperti Dia! —Xochitl Dixon

WAWASAN
Paulus menuliskan Kitab Roma kepada orang-orang percaya di Roma (Roma 1:7) untuk menunjukkan bahwa seluruh umat manusia sudah berdosa dan butuh diselamatkan (psl. 1–3), apa yang Allah lakukan untuk menyelamatkan kita, dan bagaimana kita dapat mempunyai hubungan yang benar dengan-Nya (psl. 4–11). Setelah menjelaskan dasar-dasar teologis dari Injil (psl. 1–11), sang rasul mengajar orang percaya tentang cara hidup dalam hubungan yang benar dengan Allah (psl. 12–16). Empat pasal terakhir memberikan pola pemuridan, dengan mengajarkan umat percaya bagaimana merespons kemurahan dan kasih karunia Allah (12:1-2), bagaimana menggunakan karunia-karunia rohani (ay. 3-8), dan bagaimana berhubungan dengan berbagai orang di dalam jemaat dan masyarakat (12:9–16:27). Meski Yesus mati untuk menyelamatkan kita, Allah tidak menuntut kita untuk mati bagi-Nya. Sebaliknya, kita harus hidup bagi-Nya dalam kehendak-Nya yang sempurna (12:1-2), dalam kerendahan hati (ay. 3), dan dalam kesatuan (ay. 4-8). –—K.T. Sim

Seperti Yesus

Bagaimana kamu pernah menjadi serupa dengan dunia? Bagaimana Allah telah mengubah kamu?

Ya Allah, jadikanlah aku semakin serupa dengan Yesus dari hari ke hari.

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 25-26; 2 Korintus 9

Bagikan Konten Ini
27 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *