Dipenuhi Roh

Sabtu, 22 Juli 2023

Baca: Kisah Para Rasul 1:1-8

1:1 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus,

1:2 sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya.

1:3 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.

1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang* — demikian kata-Nya — /”telah kamu dengar dari pada-Ku.

1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”

1:6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?”

1:7 Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.

1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh. —Efesus 5:18

Penulis Scot McKnight bercerita tentang pengalamannya “dipenuhi Roh” ketika ia masih duduk di bangku SMA. Pada suatu acara retret, pembicara menantangnya untuk menjadikan Yesus sebagai raja dalam hidupnya dengan berserah kepada Roh Kudus. Kemudian, Scot duduk di bawah sebatang pohon dan berdoa, “Bapa, ampunilah dosa-dosaku. Roh Kudus, tinggallah di dalamku dan penuhilah aku.” Sesuatu yang besar terjadi, kata Scot. “Sejak saat itu hidupku benar-benar berbeda. Tidak sempurna, tetapi berbeda.” Ia pun mempunyai kerinduan besar untuk membaca Alkitab, berdoa, bersekutu dengan orang percaya lainnya, dan melayani Allah. 

Sebelum Yesus yang telah bangkit itu naik ke surga, Dia melarang sahabat-sahabat-Nya untuk “meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa” (Kis. 1:4). Mereka akan “menerima kuasa” untuk menjadi saksi-Nya “di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (ay.8). Allah mengaruniakan Roh Kudus untuk tinggal di dalam hati semua orang percaya. Hal itu terjadi pertama kalinya pada hari Pentakosta (lihat Kis. 2); kini pengalaman itu terjadi setiap kali seseorang percaya kepada Kristus. 

Roh Allah juga terus memenuhi kita yang percaya kepada Tuhan Yesus. Dengan pertolongan Roh Kudus, hidup kita juga akan menghasilkan buah-buah berupa karakter dan keinginan yang diubahkan (Gal. 5:22-23). Marilah kita menaikkan pujian dan bersyukur kepada Allah yang telah menghibur, menguatkan, mendampingi, dan mengasihi kita. —Amy Boucher Pye

WAWASAN
Bagian ini menandai kedua kalinya Yesus memberikan seruan misi kepada para murid, yaitu Amanat Agung. Sebelumnya, Kristus telah memberi mereka perintah penting, “jadikanlah semua bangsa murid-Ku” (Matius 28:19). Di sini Dia berkata, “Kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi" (Kisah Para Rasul 1:8). Saat itu, gereja belum terbentuk. Bahkan pada waktu itu sebagian besar orang percaya datang dari komunitas Yahudi saja. Para rasul sedang menunggu di Yerusalem, sebagaimana diperintahkan Yesus. Namun, segera setelahnya, Pentakosta terjadi (psl.2). Gereja mulai terbentuk dan akan mencakup orang-orang dari “ujung bumi”. Kita yang mempercayai pesan mereka diberkati oleh ketaatan mereka kepada perintah Kristus, dan kita pun ditugaskan untuk terus membawa pesan Injil itu kepada dunia. —Tim Gustafson

Dipenuhi Roh

Perubahan apa yang telah dihasilkan Roh Kudus dalam diri kamu? Bagaimana kamu dapat mengizinkan Roh Allah untuk bekerja lebih lagi di dalam dan melalui diri Anda? 

Allah Mahakasih, terima kasih atas anugerah Roh-Mu yang kudus. Mampukanlah aku agar lebih mengasihi-Mu dan sesamaku hari ini. 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 31-32; Kisah Para Rasul 23:16-35

Bagikan Konten Ini
26 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *