Kekuatan untuk Sehari-hari

Sabtu, 15 Juli 2023

Baca: Kolose 3:12-17

3:12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus. —Kolose 3:17

Every Moment Holy (Setiap Momen Sakral) adalah buku kumpulan doa yang indah untuk beragam aktivitas, termasuk kegiatan sederhana seperti memasak atau mencuci pakaian. Itulah tugas-tugas yang perlu dilakukan, tetapi bisa terasa seperti rutinitas yang membosankan. Buku doa tersebut mengingatkan saya kepada kata-kata penulis G. K. Chesterton, “Orang biasa berdoa sebelum makan. Itu baik. Namun, saya berdoa sebelum menggambar sketsa, melukis, berenang, bermain anggar, bertinju, berjalan kaki, bermain, menari, dan sebelum mencelupkan pena ke dalam tinta untuk menulis.”

Dorongan tersebut mengubah cara saya memandang beragam aktivitas saya sehari-hari. Terkadang saya cenderung memilah aktivitas-aktivitas saya—ada yang bernilai rohani, seperti membaca renungan sebelum makan, dan ada aktivitas lain yang saya anggap tidak terlalu bernilai rohani, seperti mencuci piring setelah makan. Rasul Paulus menghapus pemilahan tersebut dalam suratnya kepada jemaat Kolose yang telah memilih untuk hidup bagi Yesus. Ia menguatkan mereka dengan kata-kata berikut: “Segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus” (Kol. 3:17). Melakukan segala sesuatu dalam nama Yesus berarti memuliakan-Nya lewat apa yang kita perbuat sekaligus memperoleh kepastian bahwa Roh-Nya akan menguatkan kita untuk menyelesaikan semua itu.

“Segala sesuatu yang kamu lakukan.” Semua kegiatan kita sehari-hari dalam hidup ini, setiap momen di dalamnya, dapat dimampukan oleh Roh Allah dan dikerjakan dengan cara yang memuliakan Tuhan Yesus. —Lisa M. Samra

WAWASAN
Di Yunani kuno, susunan kata dalam suatu kalimat membantu pembaca untuk memahami penekanannya. Di Kolose 3:12, kata pertama dalam bahasa aslinya adalah kata kerja endysasthe, yang diterjemahkan sebagai “kenakanlah”. Hal ini menunjukkan penekanan ayat tersebut adalah pada tindakan melakukan kebajikan-kebajikan tersebut, dan bukan pada identitas kita sebagai “orang-orang pilihan Allah.”

Pemakaian kata kerja “kenakanlah” untuk menggambarkan nilai-nilai kebajikan Kristen juga penting. Apa yang kita kenakan adalah lapisan luar yang dilihat orang. Demikian pula “belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran” harus menjadi “pakaian” yang orang lihat ketika mereka melihat kita. Kita memakai hal-hal tersebut untuk menyatakan bahwa kita “dikuduskan dan dikasihi-Nya” (ay.12). —J.R. Hudberg

Kekuatan untuk Sehari-hari

Bagaimana cara kamu memandang kegiatan sehari-hari telah berubah? Bagaimana kamu dapat lebih mengandalkan kuasa Roh Allah untuk tugas kamu hari demi hari?

Tuhan Yesus, biarlah Roh-Mu memampukanku untuk memuliakan-Mu dalam segala sesuatu yang kulakukan hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 13-15; Kisah Para Rasul 19:21-41

Bagikan Konten Ini
37 replies
  1. nikodemus hadi prasetyo
    nikodemus hadi prasetyo says:

    Tuhan Yesus selalu memberi kasih karuniaNya setiap hari pada kita.amin

  2. Dellyla Jully Priskilla
    Dellyla Jully Priskilla says:

    amen thank GOD sekalipun keadaan berjalan tidak mulus, biarlah aku selalu bersyukur dan melakukan segala sesuatu untuk kemuliaanMu, amen

  3. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    Amen

  4. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari,
    terpujilah NamaMu kekal selamanya, amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *