Mukjizat-Mukjizat “Kecil”

Senin, 30 September 2024

Baca: Zakharia 4:6-10

4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

4:7 Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!"

4:8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:

4:9 "Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

4:10 Sebab siapa yang memandang hina hari peristiwa-peristiwa yang kecil, mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel. Yang tujuh ini adalah mata TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi."

Janganlah memandang hina permulaan yang kecil. —Zakharia 4:10 fayh

Pada acara resepsi pernikahan kami, Dave, seorang kawan yang pemalu, berdiri di sudut ruangan sambil menggenggam sesuatu yang berbentuk lonjong dan dibungkus kertas tisu. Saat tiba gilirannya memberikan hadiah, ia maju dengan membawa benda itu. Evan dan saya membuka hadiah tersebut dan melihat sepotong kayu ukiran tangan dengan serat-serat kayu yang lonjong sempurna berukirkan kalimat: “Adakalanya mukjizat Allah hadir dalam hal-hal kecil”. Plakat itu telah tergantung di rumah kami selama 45 tahun, dan telah berulang kali mengingatkan kami pada karya Allah dalam hal-hal kecil. Tagihan yang lunas. Makanan yang terhidang. Penyakit flu yang disembuhkan. Semua itu menunjukkan pemeliharaan Allah yang tidak pernah terlambat.

Melalui Nabi Zakharia, bupati Yehuda bernama Zerubabel menerima pesan serupa dari Allah sehubungan dengan pembangunan kembali Yerusalem dan Bait Allah. Setelah kembali dari masa pembuangan di Babel, dimulailah suatu periode pembangunan yang berjalan lambat dan membuat bangsa Israel patah semangat. “Janganlah memandang hina permulaan yang kecil” Allah berfirman (Za. 4:10 fayh). Dia akan mencapai apa yang diinginkan-Nya, baik melalui kita maupun tidak melalui kita. “‘Bukan dengan keperkasaan atau dengan kekuatan, melainkan dengan Roh-Ku.’ Demikianlah firman Tuhan semesta alam” (ay.6 fayh).

Saat kita mulai patah semangat karena pekerjaan Allah di dalam dan di sekitar kita seakan tak berarti, ingatlah bahwa adakalanya mukjizat Allah hadir dalam hal-hal “kecil”. Dia memakai hal-hal kecil dan sederhana untuk mencapai tujuan-Nya yang lebih besar. —Elisa Morgan

WAWASAN
Zakharia adalah salah satu nabi Israel pada masa pasca pembuangan. Pelayanannya berlangsung setelah sebagian dari bangsa itu kembali dari pembuangan selama 70 tahun di Babel. Talmud, sebuah tafsiran tertulis para rabi tentang sejarah dan hukum Yahudi, mengatakan bahwa Zakharia, bersama dengan Ezra dan Nehemia, adalah bagian dari Sinagoge Agung, suatu perkumpulan dari 120 rabi dan cendekiawan terkemuka pada masanya. Zakharia adalah seorang Lewi yang lahir di Babel dan disebut dalam Ezra 5:1 dan 6:14 serta Nehemia 12:16. Seperti Yeremia dan Yehezkiel, ia adalah seorang nabi sekaligus imam. Kitab Zakharia banyak berisi nubuat tentang Mesias. Sang nabi menyampaikan pesan-pesan penguatan untuk memanggil orang-orang kepada pertobatan, agar mereka tidak hanya kembali ke negeri itu secara fisik, tetapi juga kembali kepada Allah secara rohani. Kita pun ditantang untuk melakukan yang sama saat kita menyadari betapa luar biasanya Allah itu. —Bill Crowder

Mukjizat-Mukjizat “Kecil”

Kapan kamu pernah melihat mukjizat-mukjizat kecil dari Allah terjadi dalam hidup kamu? Bagaimana Dia memakai hal-hal kecil dan sederhana untuk mencukupkan keperluan kamu dan orang-orang di sekitar kamu?

Ya Allah, terima kasih untuk mukjizat-mukjizat kecil yang Engkau buat dalam hidupku. Tolonglah aku untuk menyadari seluruh karya-Mu!

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 9-10; Efesus 3

Bagikan Konten Ini
32 replies
  1. Paul Sudarso
    Paul Sudarso says:

    Bener banget di dlm Tuhan suatu yg kecil selalu di jadikan sesuatu yg besar bagi kita sesuatu yg amazing, sesuatu yg magnify,suatu yg awsome,yg luarbiasa,contoh pertarungan Daud dan goliath,,yg kecil yg menang,Rasul rasul dlm kwanan kecil menjadikan agama kristen terbesar di di daratan Eropa awal PD 2, jgn sepelekan hal kecil dari Tuhan

  2. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

  3. Frontier Immanuel
    Frontier Immanuel says:

    Ketika kita melangkah maju di dalam iman, Tuhan Yesus Kristus, akan melakukan bagian selanjutnya.Amiiinnnnn 🙏🏿

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *