Gol Kemenangan

Minggu, 21 Juli 2024

Baca: Kisah Para Rasul 11:19-30

11:19 Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mati. Mereka tersebar sampai ke Fenisia, Siprus dan Antiokhia; namun mereka memberitakan Injil kepada orang Yahudi saja.

11:20 Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus dan orang Kirene yang tiba di Antiokhia dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil, bahwa Yesus adalah Tuhan.

11:21 Dan tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan.

11:22 Maka sampailah kabar tentang mereka itu kepada jemaat di Yerusalem, lalu jemaat itu mengutus Barnabas ke Antiokhia.

11:23 Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan,

11:24 karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan.

11:25 Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia.

11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

11:27 Pada waktu itu datanglah beberapa nabi dari Yerusalem ke Antiokhia.

11:28 Seorang dari mereka yang bernama Agabus bangkit dan oleh kuasa Roh ia mengatakan, bahwa seluruh dunia akan ditimpa bahaya kelaparan yang besar. Hal itu terjadi juga pada zaman Klaudius.

11:29 Lalu murid-murid memutuskan untuk mengumpulkan suatu sumbangan, sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing dan mengirimkannya kepada saudara-saudara yang diam di Yudea.

11:30 Hal itu mereka lakukan juga dan mereka mengirimkannya kepada penatua-penatua dengan perantaraan Barnabas dan Saulus.

Sejumlah besar orang dibawa kepada Tuhan. —Kisah Para Rasul 11:24 ayt

Pada tanggal 5 Februari 2023, Christian Atsu mencetak gol kemenangan untuk tim sepak bolanya dalam sebuah pertandingan di Turki. Pemain bintang ini belajar bermain sepak bola sejak usia kanak-kanak, berlari dengan kaki telanjang di negara asalnya, Ghana. Christian adalah seorang pengikut Kristus, dan ia pernah berkata: “Yesus adalah hal terbaik yang pernah terjadi dalam hidup saya.” Ia sering memuat ayat-ayat Alkitab di media sosial, tidak malu-malu menunjukkan imannya, dan mewujudkan iman itu dengan mendanai sekolah bagi anak-anak yatim piatu.

Sehari setelah ia mencetak gol kemenangan itu, gempa bumi yang dahsyat mengguncang kota Antakya, yang pada masa Alkitab disebut Antiokhia. Gedung apartemen yang dihuni Christian runtuh, dan ia pun berpulang ke rumah Bapa.

Dua ribu tahun lalu, Antiokhia menjadi lokasi jemaat mula-mula yang terkemuka: “Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen” (Kis. 11:26). Salah seorang pelayan Tuhan bernama Barnabas dikenal sebagai “orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman” (ay.24). Ia berperan penting membawa jiwa-jiwa kepada Kristus: “sejumlah besar orang dibawa kepada Tuhan” (ay.24 ayt).

Kita melihat kehidupan Christian Atsu bukan untuk mengidolakannya, melainkan untuk meneladan caranya menggunakan kesempatan yang ada. Apa pun situasi yang kita hadapi dalam hidup ini, kita tidak tahu kapan Allah akan memanggil kita pulang ke rumah-Nya. Marilah kita bertanya kepada diri kita sendiri: bagaimana kita dapat menjadi seperti Barnabas atau Christian Atsu dengan menunjukkan kasih Kristus kepada orang lain. Itulah gol kemenangan kita yang terbesar. —Kenneth Petersen

WAWASAN
Salah satu dampak baik dari penganiayaan yang dihadapi oleh jemaat mula-mula di Yerusalem dan Yudea adalah bahwa mereka tersebar ke wilayah-wilayah lain sambil “memberitakan Injil” (Kisah Para Rasul 11:19). Orang-orang Yahudi yang sudah percaya hanya memberitakan Injil kepada orang-orang Yahudi lainnya (ay.19), tetapi beberapa orang percaya dari Kirene dan Siprus “berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil” (ay.20). Lukas, yang menulis Kitab Kisah Para Rasul, menceritakan kepada kita bahwa “tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan” (ay.21). Upaya untuk menumpas iman Kristen justru berbalik menjadi alat untuk menyebarkannya. —Tim Gustafson

Gol Kemenangan

Apa artinya menjadi seperti Barnabas bagi orang lain? Kesempatan seperti apa yang kamu miliki untuk berbicara dan bersaksi tentang Tuhan Yesus?

Ya Allah, kumohon berilah aku kesempatan untuk membagikan imanku kepada orang lain.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 29-30; Kisah Para Rasul 23:1-15

Bagikan Konten Ini
19 replies
  1. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

  2. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *