Benar-Benar Hidup

Kamis, 25 Juli 2024

Baca: Ibrani 13:5-8

13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

13:6 Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?"

13:7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

13:8 Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau. —Ibrani 13:5

Ribuan orang mendoakan Pendeta Ed Dobson saat ia didiagnosis menderita ALS pada tahun 2000. Banyak yang meyakini bahwa saat mereka berdoa dalam iman meminta kesembuhan, Allah akan segera menjawab doa mereka. Setelah 12 tahun bergumul dengan penyakit yang membuat ototnya perlahan menyusut (dan tiga tahun sebelum kematiannya), Ed ditanya oleh seseorang mengapa Allah belum menyembuhkannya. “Memang tidak ada jawaban yang tepat, jadi saya pun tidak pernah bertanya,” jawabnya. Lorna, istrinya, menambahkan, “Jika kita selalu terobsesi harus mendapat jawaban, kita tidak akan pernah bisa benar-benar hidup.”

Dapatkah kamu menangkap besarnya sikap hormat Ed dan Lorna kepada Allah dari jawaban mereka? Mereka tahu bahwa hikmat Allah melampaui hikmat mereka sendiri. Namun, Ed mengakui, “Hampir mustahil saya tidak mengkhawatirkan masa depan.” Ia mengerti penyakitnya akan semakin membatasi kemampuannya, dan ia juga tidak tahu masalah apa lagi yang bakal dihadapinya esok hari.

Untuk menolong dirinya berfokus pada masa sekarang, Ed meletakkan ayat-ayat berikut di dalam mobilnya, pada cermin kamar mandinya, dan di samping tempat tidurnya: “Allah telah berfirman: ‘Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.’ Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: ‘Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut’” (Ibr. 13:5-6). Setiap kali Ed mulai khawatir, ia akan mengucapkan ayat-ayat tersebut untuk membantu pikirannya kembali berfokus pada kebenaran.

Tak seorang pun tahu apa yang akan terjadi esok hari. Namun, apa yang dipraktikkan Ed mungkin dapat membantu kamu mengubah rasa khawatir menjadi kesempatan untuk semakin beriman. —Anne Cetas

WAWASAN
Dari awal sampai akhir, Kitab Ibrani begitu sarat diwarnai oleh ayat-ayat dari Perjanjian Lama. Seorang pakar menyatakan bahwa pemikiran sang penulis Kitab Ibrani “dipenuhi dengan lambang, gaung, dan kiasan dari Perjanjian Lama”. Di dalamnya tercatat adanya 40 kutipan langsung dari Perjanjian Lama. Para pembaca akan menemukan bahwa berbagai kutipan digunakan untuk menyoroti dan mendukung kebenaran teologis yang luhur seperti keilahian Yesus (lihat Ibrani 1:5-13). Kutipan-kutipan lain digunakan untuk menjaga dan membimbing perilaku. Bangsa Israel membutuhkan nasihat Musa yang terdapat di Ulangan 31:6 berikut ini, sama seperti orang-orang Ibrani yang percaya kepada Kristus memerlukannya pada abad pertama, dan kita pun sekarang memerlukannya untuk menjalani kehidupan yang menghormati Allah: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau” (Ibrani 13:5). —Arthur Jackson

Benar-Benar Hidup

Ayat Alkitab apa saja yang dapat membantu kamu untuk berfokus pada hari ini dan tidak mengkhawatirkan hari esok? Di mana kamu akan menaruhnya supaya iman kamu dapat dikuatkan?

Ya Bapa, tolonglah aku untuk mengingat bahwa Engkaulah Allah, bukan aku. Ajarlah aku untuk sepenuhnya percaya kepada-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 37-39; Kisah Para Rasul 26

Bagikan Konten Ini
33 replies
  1. riana maliku
    riana maliku says:

    Syalom selamat pagi saya mau mengucapkan terima kasih untuk firman pagi ini,😇

  2. SILVIA MARDIANA SIDABUTAR
    SILVIA MARDIANA SIDABUTAR says:

    Luar biasa Firman Tuhan yg senantiasa menguatkan Iman dan Percaya kita dalam menjalani hari-hari hidup yg dianugerahkanNya nagibkita🙏

  3. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

  4. Denny Riauli
    Denny Riauli says:

    Trimakasih buat Firman Tuhan.Semoga yg memberitakan firman Tuhan semakin terberkati

  5. Laura Oktaviani
    Laura Oktaviani says:

    Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

  6. jeje anee
    jeje anee says:

    Amin.. Terima kasih Tuhan utk firmanMu yg terus mengingatkan bahwa hanya Engkau penolong dlm hidupku

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *