Disucikan oleh Kristus

Senin, 3 Juni 2024

Baca: 1 Yohanes 1:5-10

1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

1:6 Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.

1:7 Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

1:10 Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.

Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. —1 Yohanes 1:9

Pelayanan misi jangka pendek saya yang pertama berlangsung di kawasan hutan Amazon di Brasil, dan di sana kami membangun sebuah gereja di tepi sungai. Suatu sore, kami mengunjungi salah satu rumah warga yang memiliki penyaring air. Tuan rumah menuangkan air sumur yang keruh ke atas alat penyaring, lalu dalam beberapa menit semua kotoran telah hilang dan mengucurlah air minum yang bersih serta jernih. Di ruang tamu itulah saya melihat cerminan dari apa artinya disucikan oleh Kristus.

Ketika kita pertama kali datang kepada Tuhan Yesus dengan membawa segala kesalahan dan rasa malu kita, lalu memohon pengampunan-Nya dan menerima Dia sebagai Juruselamat kita, maka Dia pun menyucikan kita dari segala dosa dan menjadikan kita baru. Kita disucikan seperti air sumur yang keruh tadi diubah menjadi air minum yang bersih. Alangkah bahagianya mengetahui bahwa kita kembali dalam hubungan yang benar dengan Allah karena pengorbanan Yesus (2Kor. 5:21) dan bahwa Allah telah menjauhkan dosa-dosa kita sejauh timur dari barat (Mzm. 103:12).

Namun, Rasul Yohanes mengingatkan bahwa ini tidak berarti kita tidak akan pernah berbuat dosa lagi. Saat kita berbuat dosa, biarlah kita diyakinkan oleh gambaran dari penyaring air tadi, dan terhibur dengan menyadari bahwa “jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” (1Yoh. 1:9).

Marilah kita hidup dengan penuh keyakinan karena mengetahui bahwa kita senantiasa disucikan oleh Kristus. —Nancy Gavilanes

WAWASAN
Setiap ayat dalam 1 Yohanes 1:6-10 dimulai dengan ungkapan bersyarat: “Jika kita . . .” Di ayat 6, Yohanes menggunakan sebuah frasa yang unik: “kita tidak melakukan kebenaran.” Frasa ini juga ditemukan dalam Yohanes 3:21, “Barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah.” Dalam kedua contoh tersebut, “melakukan kebenaran/yang benar” dihubungkan dengan relasi dengan Allah. Karena Allah “tidak berdusta” (lihat 1 Samuel 15:29; Titus 1:2), itu berarti mereka yang tidak “melakukan kebenaran” adalah pendusta dan tidak “beroleh persekutuan dengan Dia” (1 Yohanes 1:6). Sebaliknya, jika kita “melakukan kebenaran”, yakni “hidup di dalam terang,” darah Yesus “menyucikan kita dari pada segala dosa” dan “kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain” (ay.7). —J.R. Hudberg

Disucikan oleh Kristus

Mengapa sangat penting untuk meminta Tuhan Yesus mengampuni dosa-dosa kamu? Bagaimana rasanya mengetahui bahwa kamu tidak lagi harus menjadi tawanan dosa?

Ya Allah, terima kasih, karena Engkau setia dan adil untuk mengampuniku ketika aku mengakui dosa-dosaku kepada-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 19-20; Yohanes 13:21-38

Bagikan Konten Ini
24 replies
  1. Anonymous
    Anonymous says:

    saya mengaku pada Mu Tuhan kalau saya berdosa dengan perbuatan dan pikiran saya. Saya mohon ampuni lah dosa saya dan keluarga saya. Lunturkan lah dosa di dalam tubuh kami dan biarlah Roh KudusMu memperbaharui tubuh, sifat, perbuatan dan pemikiran kami. Amin

  2. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

  3. Dina Tamara
    Dina Tamara says:

    Tuhan Yesus mampukan aku untuk terus belajar dan berjalan dalam kasihmu bapa Berkati setiap langkah ku agar apa yang aku kerjakan berkenan dalam hadirat Mu

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *