Membuat Allah Dikenal

Minggu, 19 Mei 2024

Baca: Wahyu 7:9-12

7:9 Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka.

7:10 Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!"

7:11 Dan semua malaikat berdiri mengelilingi takhta dan tua-tua dan keempat makhluk itu; mereka tersungkur di hadapan takhta itu dan menyembah Allah,

7:12 sambil berkata: "Amin! puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya! Amin!"

Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba! —Wahyu 7:10

Kasih kepada Allah dan kepada sesama manusia mendasari pekerjaan penerjemahan Alkitab yang Kathryn lakukan. Ia sangat bersukacita ketika para wanita di India semakin memahami Alkitab karena mereka dapat membacanya dalam bahasa ibu mereka. Ia bercerita bahwa ketika mereka membacanya, “Mereka sering bersorak-sorak atau bertepuk tangan. Saat membaca tentang Tuhan Yesus, mereka berkata, ‘Ini sangat luar biasa!’”

Kathryn rindu semakin banyak orang membaca Kitab Suci dalam bahasa mereka sendiri. Dalam kerinduannya itu, ia menghayati penglihatan yang diterima Yohanes, sang murid yang telah lanjut usia, di Pulau Patmos. Oleh Roh, Yohanes dibawa ke ruang takhta surgawi, dan di sana ia melihat “suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba” (Why. 7:9). Bersama-sama mereka semua memuji Allah, dengan berseru, “Keselamatan bagi Allah kami!” (ay.10).

Allah terus menambah jumlah orang percaya yang memuji nama-Nya. Yang Dia pakai bukan hanya para penerjemah Alkitab ataupun orang-orang yang mendoakan pelayanan mereka, tetapi juga orang-orang yang mengasihi dan menjangkau sesama di sekitar mereka dengan kabar baik tentang Yesus. Kita bergembira dapat terlibat dalam misi penuh sukacita tersebut, sekaligus mengagumi cara Allah menggerakkan banyak orang untuk bergabung bersama para malaikat yang berkata, “Puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya” (ay.12). —Amy Boucher Pye

WAWASAN
Kitab Wahyu (apokalypsis dalam bahasa Yunani) digolongkan sebagai sastra apokaliptik, suatu istilah yang pada masa kini sering diartikan sebagai karya sastra yang menggambarkan kiamat atau akhir zaman. Hal itu karena adanya gambaran nubuatan yang dramatis dalam Kitab Wahyu. Namun, apokalypsis sendiri berarti “membuka, menyingkapkan sesuatu yang tersembunyi”. Kitab Wahyu sejatinya bukanlah tentang akhir zaman, melainkan tentang Yesus, yang disebut sebagai “Anak Domba” (lihat 5:6-13; 7:9-17). Sebutan ini juga terdapat dalam Injil Yohanes: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (1:29); “Lihatlah Anak domba Allah!” (ay. 36). —Bill Crowder

Membuat Allah Dikenal

Bagaimana kamu melihat cara Allah menggerakkan orang-orang untuk ikut memuji dan memuliakan-Nya? Bagaimana juga cara Allah mengundang kamu untuk ikut serta dalam misi memberitakan kabar baik tentang Yesus?

Allah Penyelamat kami, terima kasih untuk pemberian-Mu dalam diri Yesus. Mampukanlah aku untuk membagikan kasih-Mu yang ajaib itu kepada sesamaku.

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 7-9; Yohanes 6:22-44

Bagikan Konten Ini
17 replies
  1. Rico Art
    Rico Art says:

    Bapa kami yang ada di sorga Dikuduskanlah namaMu Datanglah kerajaanMu Jadilah kehendakMu Di bumi seperti di sorga Berikanlah kami pada hari ini Makanan kami yang secukupnya Ampunilah kami akan kesalahan kami, Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan Sampai selama-lamanya. Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *