Bintang Natal

Minggu, 24 Desember 2023

Baca: Matius 2:1-5,7-12

2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem

2:2 dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”

2:3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.

2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.

2:5 Mereka berkata kepadanya: “Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:

2:7 Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.

2:8 Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia.”

2:9 Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.

2:10 Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.

2:11 Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

2:12 Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.

Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. —Matius 2:10

“Kalau kamu menemukan bintang itu, kamu akan selalu dapat menemukan jalan pulang.” Begitulah dahulu ayah saya mengajarkan cara menemukan Bintang Utara kepada saya yang masih kanak-kanak. Ayah saya pernah berdinas dalam ketentaraan pada masa perang, dan ada saat-saat ketika hidupnya tergantung pada kemampuan untuk bernavigasi dengan berpedoman pada langit malam. Jadi beliau memastikan saya mengetahui nama dan letak beberapa rasi bintang, tetapi yang terpenting bagaimana saya dapat menemukan Polaris alias Bintang Utara. Dengan mengetahui letak bintang tersebut, saya bisa tahu ke arah mana saya perlu melangkah di mana pun saya berada.

Kitab Suci menceritakan tentang bintang lain yang sangat penting. “Orang-orang majus dari Timur” yang terpelajar (berasal dari wilayah yang saat ini mencakup Iran dan Irak) telah mengamati tanda-tanda di langit tentang kelahiran Pribadi yang akan menjadi raja dari Allah bagi umat-Nya. Mereka datang ke Yerusalem dengan bertanya, “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia” (Mat. 2:1-2).

Para astronom tidak tahu apa yang menyebabkan munculnya bintang Betlehem, tetapi Alkitab mengungkapkan bahwa Allah menciptakan bintang itu untuk mengarahkan dunia kepada Yesus—“Bintang timur yang gilang-gemilang” (Why. 22:16). Kristus datang untuk menyelamatkan kita dari dosa dan membimbing kita kembali kepada Allah. Ikutilah Dia, dan kamu akan menemukan jalan pulang kepada-Nya. —James Banks

WAWASAN
Kata majus (Matius 2:1) ditulis sebagai “orang bijak” atau “ahli ilmu bintang” dalam sejumlah terjemahan lain. Hanya sedikit sekali informasi mengenai mereka. Kita tidak diberi tahu berapa banyak mereka, tetapi kita tahu mereka membawa tiga hadiah bagi Yesus, yaitu emas, kemenyan, dan mur (ay. 11). Mereka bukan raja, dan Kitab Suci tidak menyebutkan nama-nama mereka, meski ada tradisi yang memberi mereka nama Baltasar, Kaspar, dan Melkior. Karena Herodes memerintahkan pembunuhan semua bayi laki-laki berumur dua tahun ke bawah (ay. 16), kita tahu bahwa mereka tidak datang ke palungan pada hari kelahiran Kristus (lihat Lukas 2:15-16), melainkan ke suatu rumah di Betlehem beberapa waktu kemudian (Matius 2:11). —K.T. Sim

Bintang Natal

Dengan cara apa kamu akan setia mengikut Yesus hari ini? Apa yang dapat kamu lakukan minggu ini untuk membagikan kasih-Nya kepada orang lain?

Tuhan Yesus, terima kasih, karena Engkau menjadi Jalan menuju rumah abadiku di surga. Bimbinglah aku dengan terang-Mu hari ini!

Bacaan Alkitab Setahun: Habakuk 1-3; Wahyu 15

Bagikan Konten Ini
16 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *