Pekerja di Dek Bawah

Minggu, 30 Juli 2023

Baca: 1 Korintus 12:12-14,21-27

12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

12:14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.

12:21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: “Aku tidak membutuhkan engkau.” Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: “Aku tidak membutuhkan engkau.”

12:22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan.

12:23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus.

12:24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus,

12:25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.

12:26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.

12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.

Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan. —1 Korintus 12:22

Seorang teman saya bekerja di rumah sakit apung bernama Africa Mercy yang menyediakan layanan kesehatan cuma-cuma di berbagai negara berkembang. Setiap harinya para staf melayani ratusan pasien yang tidak akan terobati tanpa layanan mereka.

Kru TV yang secara berkala mengikuti perjalanan kapal ini biasanya mengarahkan kamera mereka ke para tenaga medis luar biasa yang melakukan operasi pada langit-langit mulut dan memperbaiki kaki pengkor. Meski demikian, terkadang kru tersebut mewawancarai awak kapal lainnya di dek bawah, tempat mereka melakukan pekerjaan-pekerjaan yang jarang disorot.

Mick, seorang ahli mesin, mengaku kaget saat mengetahui penugasannya, yaitu di area pembuangan limbah kapal tersebut. Mengingat limbah yang dihasilkan setiap harinya mencapai 40.000 liter, pengelolaan bahan beracun itu pun menjadi tugas yang penting. Tanpa Mick yang memelihara pipa dan pompa pembuangannya, operasi medis yang dilakukan Africa Mercy tidak akan dapat dijalankan.

Orang cenderung memuji mereka yang melayani di “dek atas” dan melupakan pekerjaan yang dilakukan di “dek bawah”. Ketika jemaat di Korintus meninggikan orang-orang yang memiliki karunia luar biasa, Paulus mengingatkan mereka bahwa setiap orang percaya mempunyai peranan dalam karya Kristus (1Kor. 12:7-20). Setiap karunia bernilai penting, baik karunia menyembuhkan maupun karunia untuk menolong orang lain (ay.27-31). Bahkan, semakin tidak menonjol peranannya, semakin besar penghormatan yang layak diterimanya (ay.22-24).

Apakah kamu pekerja di “dek bawah”? Kiranya kamu berbesar hati, karena pekerjaan kamu dihargai oleh Allah dan sangat dibutuhkan bagi kita semua. —Sheridan Voysey

WAWASAN
Paulus menggunakan banyak kiasan untuk mendeskripsikan jemaat atau gereja; misalnya, “kawanan” (Kisah Para Rasul 20:28), “ladang” dan “bangunan” (1 Korintus 3:9), dan “tempat kediaman” (Efesus 2:22). Namun, satu kiasan yang Paulus sering gunakan adalah “tubuh” (Roma 12:4-5; 1 Korintus 10:17; Efesus 1:22-23; 4:4,12; 5:23,30; Kolose 1:18,24).

Sejumlah pihak dalam jemaat Korintus meninggikan karunia-karunia tertentu (misalnya, berbicara dalam bahasa yang tidak dikenal) di atas karunia-karunia yang lain. Mereka mengatakan bahwa orang yang tidak mempunyai karunia-karunia tersebut bukanlah bagian dari jemaat. Paulus menyanggah sikap yang keliru ini dalam 1 Korintus 12–14. Di sini ia menggunakan kiasan tubuh untuk menegaskan kesatuan, persatuan, dan keharmonisan di dalam jemaat. Jemaat, seperti tubuh manusia, mempunyai banyak bagian, tetapi semua bagian itu dibutuhkan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. —K.T. Sim

Pekerja di Dek Bawah

Apa akibatnya ketika kamu membanding-bandingkan karunia kamu dengan karunia orang lain? Siapa pekerja di “dek bawah” yang patut kamu berikan penguatan hari ini?

Ya Allah, aku berharga di mata-Mu. Terima kasih, karena Engkau telah memperhatikanku, entah orang lain melakukannya atau tidak.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 51-53; Roma 2

Bagikan Konten Ini
27 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    Amen

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *